Susunan Organisasi

 

  • Ketua Jurusan

Kepemimpinan organisasi berkaitan dengan kemampuan Ketua PS PPKn dalam memahami tata kerja antar unit dalam organisasi fakultas dan perguruan tinggi. Secara organisasi kepemimpinan Program studi menjalankan program kerja Jurusan dan Fakultas berdasarkan SOP yang ada pada Program studi dan fakultas. Hal ini dimaksudkan agar semua pekerjaan terstandarisasi. Ketua Program studi dalam menjalankan tupoksinya selalu mengikuti hirarkhi organisasi yang telah ditetapkan. Kedudukan Ketua Program studi dalam struktur organisasi dapat dilihat pada Bagan Organisasi sebagai berikut

Berdasarkan stuktur organisasi diatas, kedudukan Program studi PPKn berada dibawah ketua jurusan PIPS, yang memiliki tupoksi Program studi sebagai berikut:

Untuk mengatur berbagai masalah akademik yang ada, Ketua Program studi menugaskan seorang dosen melalui K2JM agar dapat memonitoring, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan perkuliahan setiap semester sehingga pelaksanaan perkuliahan dapat terpantau secara transparan dan akuntabel.

Untuk meningkatkan minat baca dan jumlah buku teks di kalangan mahasiswa Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan Ketua Program studi menugaskan salah seorang dosen Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan sebagai pembimbing mahasiswa sebagai pengurus taman baca, sehingga diharapkan referensi buku yang bisa dipinjamkan kepada mahasiswa selalu bertambah dan relevan dengan mata kuliah dan dapat membantu mahasiswa dalam mencari pustaka. Selain itu, Ketua Program studi selalu berkoordinasi dengan UPT Perpustakaan melalui perpustakaan Fakultas terutama dalam mengajukan judul buku yang diperlukan oleh mahasiswa PPKn.

Untuk bidang kemahasiswaan Ketua Program studi menugaskan salah seorang dosen untuk membina kegiatan kemahasiswaan, KKP serta untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah yang agak sulit untuk dipahami maka melalui ketua Program studi berkoordinasi dengan ketua HMPS untuk mengelola kegiatan dengan menugaskan beberapa mahasiswa senior yang berprestasi untuk menjadi tutor pada mata kuliah tersebut.

Untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi bagi mahasiswa Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan peserta KKP ditiap semesternya, Ketua Program studi berkoordinasi dengan Laboratorium Pembelajaran untuk pelatihan microteaching bagi mahasiswa

Pelaksanaan praktikum mahasiswa Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dikelola oleh Laboratorium Pengembangan unit Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan yang dalam implementasinya selalu dikoordinasikan ke Ketua Program studi khususnya dalam penentuan jadwal praktikum.

Ketua Program studi menugaskan kepada salah seorang dosen dibidangnya untuk mengkoordinasi kegiatan yang diselenggarakan oleh setiap Kelompok Bidang Keilmuan (KBK), seperti kegiatan seminar yang melibatkan dosen dan mahasiswa.

Untuk meningkatkan mutu lulusan dan memperkecil masa tunggu, Ketua Program studi menjalin kerjasama dengan alumni melalui Ikatan Alumni Pendidikan Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan Indonesia (IKA-PPKn) dalam informasi maupun masukan dari alumni. Ketua Program studi juga berkoordinasi dengan UPT Bahasa dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris Dosen dan Mahasiswa melalui program kerja PGM PPKN.