PENATAAN DAN PENGUATAN ORGANISASI: Bagian 4

SISTEM PENJAMINAN MUTU

Sistem penjaminan mutu di UPPS FKIP UHO diimplementasikan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan: (1) Keberadaan organ/fungsi pelaksana penjaminan mutu internal FKIP UHO menerapkan sistem penjaminan mutu internal yang dikelola oleh Unit Jaminan Mutu di tingkat fakultas, berada di bawah koordinasi Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Halu oleo; (2) Dokumen jaminan mutu kegiatan akademik Universitas Halu Oleo terdiri atas: (a) Buku 1 Kebijakan SPMI; (b) Buku 2 Manual SPMI; (c) Buku 3 Standar SPMI; (d) Buku 4 Formulir SPMI.

Berdasarkan dokumen jaminan mutu Universitas Halu Oleo, maka Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memandang perlu menyusun dokumen jaminan mutu FKIP UHO terdiri atas: (a) Buku 1 Kebijakan SPMI FKIP; (b) Buku 2 Manual SPMI FKIP; (c) Buku 3 Standar SPMI FKIP; (d) Buku 4 Formulir SPMI FKIP. Implementasi Jaminan Mutu Akademik, berdasarkan SK Dekan No. B/1211a/UN29.5/KP/2018.

Kebijakan SPMI FKIP meliputi: (a) visi, misi, tujuan dan sasaran fakultas, (b) tata pamong, kepemimpinan, pengelolaan, dan penjaminan mutu, (c) mahasiswa dan lulusan, (d) sumber daya manusia, I kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik, (f) pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, (g) penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerja sama.

Manual SPMI FKIP meliputi: (a) pelaksanaan kuliah dan praktikum; (b) pelaksanaan ujian tengah semester dan ujian akhir semester; (c) evaluasi hasil belajar semester; (d) evaluasi proses pembelajaran; I registrasi mahasiswa; (f) pembimbingan tugas akhir; (g) pembuatan transkrip akademik; (h) pengajuan judul skripsi/tugas akhir; (i) pengarsipan nilai; (j) pengusulan akreditasi program studi; (k) pengurusan cuti; (l) pengusulan mata kuliah baru; (m) pengusulan penghapusan dan perubahan mata kuliah; (n) registrasi mahasiswa; (o) ujian seminar hasil; (p) ujian seminar proposal; (q) rencana studi mahasiswa.

Pelaksanaan sistem penjaminan mutu dikelola oleh unit jaminan mutu, kelompok kerja jaminan mutu, dan auditor mutu internal. Kegiatan penjaminan mutu dilaksanakan setiap semester melalui rapat pimpinan, dialog akademik, road show, workshop penjaminan mutu oleh Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UHO, dan lokakarya penjaminan mutu tingkat fakultas. Selanjutnya, semua unit di lingkup fakultas wajib mengimplementasikan dokumen jaminan mutu tersebut dalam menunjang kegiatan akademik maupun kegiatan non akademik.

Dalam rangka proses evaluasi, Unit jaminan mutu melakukan audit mutu internal (AMI) melalui tim Auditor. Pelaksanaan audit diawali dengan pemeriksaan laporan kinerja akademik program studi, selanjutnya dilakukan visitasi ke program studi. Hasil visitasi dituangkan dalam laporan audit. Berdasarkan laporan audit tersebut, diselenggarakan pertemuan di tingkat fakultas dengan menghadirkan semua unsur fakultas dan program studi untuk menindaklanjuti temuan-temuan di lapangan dalam bentuk perbaikan dan pengembangan akademik dan non akademik di tingkat fakultas, jurusan/program studi. Di samping melakukan audit mutu, Unit Jaminan Mutu fakultas melakukan pendampingan penyusunan pada jurusan/program studi.

Sistem penjaminan mutu di FKIP sudah dilakukan terhadap kegiatan akademik. Pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik internal diawali oleh ketersediaan dokumen jaminan mutu (manual SPMI FKIP, standar SPMI FKIP, dan Formulir SPMI FKIP) di tingkat jurusan/program studi. Pelaksanaan dokumen di jurusan/program studi diaudit oleh tim auditor. Tim auditor bekerja berdasarkan laporan kinerja akademik yang disusun oleh setiap jurusan/program studi.