PENATAAN DAN PENGUATAN ORGANISASI: Bagian 2

TATA NILAI

FKIP menyadari bahwa untuk berperan aktif dalam melaksanakan proses pembangunan pendidikan di UHO yang sesuai dengan VMTS, selalu berusaha menjadi kekuatan penggerak perubahan (agent of changes) dengan bertumpu pada nilai-nilai luhur.

Objektif: Sebagai salah satu fakultas yang mengembang nilai-nilai kebenaran ilmiah, menjunjung tingggi nilai objektivitas dalam mengungkapkan argumentasi baik lisan maupun tulisan mengatakan apa adanya dengan menghindari personal bias, atau kecenderungan yang tidak beralasan, prasangka dan perasaan pemikiran sendiri.

Transparan: Sistem pengelolaan dan pelaksanaan tugas pokok FKIP UHO terutama berkaitan dengan pelayanan kepada mahasiswa dan masyarakat sebagai pelanggan bersifat terbuka, mudah dan dapat diakses oleh semua pihak yang dibutuhkan dan disediakan secara memadai serta mudah dimengerti.

Akuntabel: Pelayanan FKIP UHO harus dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Akuntabilitas mencakup beberapa dimensi dalam pengelolaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yaitu transparansi, auditable (patuh terhadap peraturan yang berlaku), efisien, hemat, dan sasaran kinerja tercapai dan perbaikan berkesinambungan.

Profesional: Untuk mewujudkan visi dan misi FKIP UHO tersebut diperlukan sumber daya manusia yang dalam menjalankan tugasnya mempunyai kapabilitas, disiplin pada pelaksanaan tugas, orientasi pada output dan memiliki integritas yang tinggi dalam mengemban visi dan misi fakultas.

Kerja sama, Harmonisasi, dan Partisipatif: Kerja sama mengandung pengertian bahwa dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan semua komponen harus memiliki komitmen untuk saling mendukung satu sama lain dalam rangka mencapai visi dan misi Fakultas. Harmonisasi terkait erat dengan adanya keserasian, keselarasan, dan kesetimbangan dalam pelaksanaan. Partisipatif memiliki dua dimensi yang penting untuk diwujudkan dalam sistem manajemen Fakultas, yaitu adanya kesempatan semua komponen untuk melaksanakan aktivitas yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta pemberian pelayanan harus mendorong peran serta semua komponen dalam menyelenggarakan kegiatan tridharma dengan memperhatikan aspirasi, kebutuhan dan harapan semua komponen dan stake holder.

Pemerataan dan Keadilan: Memberikan kesempatan yang sama kepada masyarakat untuk menjadi calon guru serta penerapan subsidi silang yang mampu dengan yang tidak mampu.

Kesejahteraan: Kesejahteraan merupakan hal yang penting dalam rangka menunjang keberhasilan pencapaian visi dan misi FKIP UHO.

 

      Input              «       Proses              «         Output             «          Outcome

Nilai-nilai yang diterapkan kepada insan FKIP UHO

Nilai-nilai yang diperhatikan dalam mencapai visi

Nilai-nilai yang dijunjung tinggi dalam kerja sama

Nilai-nilai yang ada dalam produk luaran

¯

¯

¯

¯

Civitas akademika

Organisasi, manajemen, kepemimpinan

Lulusan dan pengguna lulusan

Produk

¯

¯

¯

¯

Objektif

Kerja sama

Profesional

Inovatif

Transparan

Harmonisasi

 

 

Akuntabel

Partisipatif

 

 

 

Pemerataan

 

 

 

Keadilan